Sempurnanya menutup aurat

 

Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi,dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu,dan pemisah sesuatu.Jadi Hijab itu bukan pakaian,namun semacam penghalang, sebagaimana istri-istri Nabi saw diskat penghalang hijab,manakala ada tamu pria berkunjung kepada Nabi saw.

Jilbab sebagaimana disimpulkan oleh AlQurthuby: “Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh”.Semacam longdress.

Hal ini seperti yang tertuang dalam firman Allah “Hai Nabi,katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri mukminin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal dan tidak mudah diganggu.

QS.Al-Ahzab 59.

Jilbab bukanlah kerudung, melainkanjilbab adalah baju jubah atau pakaian longgar bagi perempuan yang menutupi seluruh anggota tubuh atau aurat perempuan.

Karena itu,anggapan bahwa jilbab sama dengan kerudung merupakan sesuatu yang salah kaprah yang seharusnya diluruskan.

Banyak perempuan muslim yang mengaku sudah berjilbab, padahal dia hanya berkerudung dengan khimar karena menutup kepalanya saja sedangkan bagian lainnya terbuka atau meskipun tertutup tetapi sangat menonjolkan bagian tubuh dengan berpakaian ketat. Jadi jelas perbedaan antara Hijab,Jilbab dan Khimar.

Karena itu Jilbab hendaklah disempurnakan dengan khimar penutup kepala,yang ujungnya menutup buah dada,hingga menutupi buah dada,serta melindungi bagian atas tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

QS.AnNur 31.

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.