Secara Ilmiah, Tidak Boleh Keluar Saat Maghrib Juga Dijelaskan Lho !

KETIKA Maghrib telah tiba, orangtua dahulu melarang kita untuk berada di luar rumah. Mereka memerintahkan kita untuk segera masuk ke dalam rumah. Mengapa? Sebab, mereka percaya bahwa setan berkeliaran pada waktu itu. Barulah, setelah maghrib berlalu, mereka memperbolehkan keluarga termasuk anak-anaknya untuk kembali keluar rumah.

Kepercayaan orang terdahulu ini, ternyata merupakan hal yang dianjurkan oleh Rasulullah ﷺ. Melalui sabdanya, beliau berkata, “Jangan kalian membiarkan anak-anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam, sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam,” (Dari Jabir dalam kitab Sahih Muslim).

Selain itu, secara ilmiah kepercayaan itu juga dijelaskan lho! Sebuah buku ilmiah keagamaan karya Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS berjudul The Science Of Shalat yang diterbitkan Qultummedia menjelaskan bahwa menjelang Maghrib, alam akan berubah menjadi spektrum cahaya berwarna merah. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetis (EM) yang memiliki spectrum warna yang berbeda satu sama lain. Setiap warna dalam spectrum mempunyai energi, frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda.

Dalam bukunya dijelaskan bahwa ketika waktu Maghrib tiba, terjadi perubahan spectrum warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis, yakni spektrum warna merah. Pada waktu ini, jin dan iblis amat bertenaga karena memiliki resonansi bersamaan dengan warna alam. Pada waktu Maghrib, banyak interfernsi atau tumpang tindihnya dua atau lebih gelombang yang berfrekuensi sama. Sehingga penglihatan terkadang kurang tajam oleh adanya fatamorgana.

Subhanallah bukan? Ternyata apa yang Rasulullah perintahkan memanglah memiliki manfaat dibalik itu. Setan adalah musuh yang nyata bagi kita. Dan kita harus bisa melindungi diri dan anak-anak kita dari gangguannya. Dengan tidak keluar ketika maghrib, menjadi solusi terbaik untuk mencegah setan menganggu kita.

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.