Penyabar Miliki 3 Ciri Ini

  • SABAR memang suatu ungkapan yang mudah untuk diucapkan namun sulit di lakukan. Pasalnya, sabar itu membutuhkan ketenangan batin jika ingin bisa melakukannya. Segala masalah di hadapi dengan kepala dingin dan selalu ikhlas atas apa yang terjadi. Tetapi, kita tahu bahwa diri kita ini memiliki nafsu, yang seringkali menguasai diri kita.
  • Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan betapa banyak nabi yang berperang di dampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintiai orang-orang yang sabar,” (QS. Al Imran : 146).
  • Terjemah Ali Imran ayat 146 menjadi tamparan bagi kita yang sering meledak dan gampang naik darah. Bagaimana tidak, zaman dahulu Nabi dan pengikutnya di uji dengan berbagai cobaan saat ingin beribadah. Sedangkan kita yang di beri kemudahan hanya bisa mengeluh dan meminta kemudahan.
  • Nah, kita harus bisa belajar seperti mereka yang selalu sabar dalam menghadapi segala tantangan kehidupan. Meski ujian itu terasa berat, yakinlah Allah akan mempermudah. Jika kita ingin menjadi bagian orang-orang penyabar, maka kita harus mengikuti ciri-ciri orang sabar. Ya, orang penyabar itu memiliki tiga ciri. Apa sajakah itu ?

1). Tidak Mudah Mengeluh

  • Seberat apa pun musibah yang kita dapatkan, baiknya kita bersabar dan tidak mudah mengeluh. Ingatlah kita masih punya Allah untuk bersandar dan mengadukan semua keluh kesah kita tanpa takut Dia berkhianat dan tidak bisa di percaya. Semua solusi yang di berikan-Nya merupakan solusi terbaik yang di butuhkan oleh kita sebagai seorang hamba.
  • Tidak mudah mengeluh juga mengajarkan kita untuk berusaha sampai batas kemampuan maksimum yang kita punya. Yakinlah Allah ada bersama kita, jangan apa-apa mengeluh, sakit hati sedikit langsung mengadu. Duh, kesabaran kita bahkan lebih kecil dari biji jagung tampaknya.

2). Pantang Menyerah

  • Orang sabar takkan peduli dengan rintangan yang dia hadapi. Sesulit apa pun medan yang akan dia tempuh, tabu baginya untuk mengeluh dan menyerah kalah.

3). Tidak Menampilkan Kesedihan di Muka Umum

  • Orang yang sabar enggan menampilkan kesedihan dan kegundahan yang dia rasakan di depan umum. Orang seperti ini bukan tidak ingin berbagi cerita tapi mereka lebih memilih menyimpannya sendiri dengan dalih tidak ingin menyulitkan saudaranya.
  • Sungguh mulia orang-orang yang memiliki ciri ini. Selain hidupnya terjamin tentram, dia juga memikirkan beban yang mungkin di rasakan saudaranya. Dia sering berpikir, bukan dirinya saja yang paling berdarah dan berjuang, bisa jadi orang lain juga. Tapi kita tak bisa melihatnya. Wallahu a’lam.

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.