Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka

Ngena bingit ilustrasinya. Buat orang tua yang “ngga tega” ngebangunin anaknya shalat subuh “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. At Tahrim: 6). “Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawabannya dan demikian juga seorang pria adalah seorang pemimpin bagi keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.” (HR. Bukhari: 2278). Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma berkata,

أدب ابنك فإنك مسؤول عنه ما ذا أدبته وما ذا علمته وهو مسؤول عن برك وطواعيته لك “

Didiklah anakmu, karena sesungguhnya engkau akan dimintai pertanggungjawaban mengenai pendidikan dan pengajaran yang telah engkau berikan kepadanya. Dan dia juga akan ditanya mengenai kebaikan dirimu kepadanya serta ketaatannya kepada dirimu.”(Tuhfah al Maudud hal. 123). “Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.

” (HR. Al Hakim: 7679).

Begitupun Suami ke Istri atau Istri ke Suami kalau beneran sayang, pasti enggak akan ngebiarin pasangannya melewati subuh gitu saja. Terlebih ke anak anaknya.

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *