Jangan bangga Kuat berpuasa tanpa sahur

Kuat berpuasa tanpa sahur? ..

Looh, jangan malah bangga , Ini bukan masalah kuat atau tidak, melainkan masalah keberkahan dan ketaatan melaksanakan sunnah.

Nabi SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari Muslim). Di antara keberkahan sahur antara lain:

  1. Mengikuti sunnah dan membedakan muslimin dengan ahli kitab (HR. Muslim)
  2. Orang yang makan sahur mendapatkan shalawat dari Allah dan doa dari para malaikat-Nya (HR. Ahmad)
  3. Membantu seorang untuk menegakkan shalat subuh berjamaah
  4. Waktu sahur adalah waktu utama untuk beristighfar (QS. Ali Imran: 17)
  5. Menjumpai waktu pengabulan doa (HR. Bukhari). Selain yang sudah disebutkan di atas, makan sahur juga akan menguatkan keadaan fisik dalam menjalani puasa, lebih semangat dalam beramal, dan menjauhkan dari kemalasan karena lapar.

Tapi hati-hati ya, pemilihan makanan sahur pun tidak boleh sembarangan. Jenis makanan yang dapat melepas energi secara lambat lebih disarankan untuk hidangan sahur. Hal ini akan menyebabkan tubuh tidak merasa lapar dan lemas. Makanan yang dipilih sebaiknya berserat tinggi dan memiliki komposisi protein dan lemak baik yang cukup, tidak banyak mengandung garam, dan tidak terlalu lembek. – Kurma termasuk menu wajib saat sahur nih. Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah tamr (kurma).” (HR.Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi)

– Protein (telur ayam, daging, ikan, almond) dicerna perlahan sehingga menimbulkan sensasi kenyang dalam waktu lebih lama dan membantu menjaga kadar gula darah.

– Buah-buahan dan sayuran dengan kadar air yang tinggi berperan sebagai sumber serat alami yang membantu fungsi sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Minuman seperti teh dan kopi sebaiknya dihindari karena dapat merangsang buang air kecil (diuresis) yang bisa menyebabkan banyak cairan terbuang selama puasa.

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.