Jadikan sabar & salat sebagai penolongmu (2:45)

qs-al-baqarah-45

Setiap orang pasti memiliki masalah. Masalah apapun itu. Begitulah hidup. Mau pejabat, rakyat biasa, pasti punya masalah. Dan tentu kita ingin sekali menyelesaikan masalah-masalah itu dengan baik, bukan? Dan solusi itu telah ditunjukkan Allah kepada kita sebagai makhluk-Nya.

Ketahuilah, wahai sahabat. Cobaan-cobaan yang diberikan Allah tidak lain dan tidak bukan adalah tanda kasih sayang Alah kepada hamba-Nya. Dan Allah tidak semena-mena memberikan cobaan kepada makhluk-Nya. Allah memberikan cobaan tidak melebihi batas kemampuan seseorang.

Ayat dalam gambar di atas sudah jelas bahwa masalah yang kita hadapi, akan terselesaikan dengan baik melalui shalat dan sabar. Dalam shalat terdapat doa-doa. Allah Maha Segalanya, sedangkan kita enggak ada apa-apanya tanpa pertolongan Allah.

Sedangkan sabar? Iya. Sabar adalah pondasi bagi segala sifat-sifat baik. Sabar menjalankan perintah dan larangan-Nya. Ikhlas, istiqamah, dan sifat terpuji lainnya menitikberatkan pada sifat sabar. Dan cobaanpun tidak selamanya sesuatu yang tidak enak. Bisa jadi juga kenikmatan yang kita rasakan.

Dan sesungguhnya, barangsiapa yang mampu tetap beriman kepada Allah, bersyukur kepada Allah, dan bertakwa kepada Allah dala apapun kondisi kita, maka itulah adalah sabar. Ditambah dengan shalat sebagai wukid ketaatan sekaligus doa kita pada Allah, maka kemudahan, jalan keluar, kebaikan, kasih sayang, rahmat, Allah berikan kepada kita. Maka, jika kita punya masalah, sahalat dan sabar adalah solusi terbaik.

Semoga Allah senantiasa memberikan.kita kesabaran dan istiqamah untuk beriman dan bertakwa kepada Allah. Aamiin.

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah