Berdasarkan perhitungan logika manusia, begitu besarnya biaya hidup

Melihat gambar perhitungan ini sempat tersenyum sendiri.

Bagaimana tidak. Berdasarkan perhitungan logika manusia, begitu besarnya biaya hidup.

PADAHAL.

Allah Ta’ala berfirman : “Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki- menyesuaikan dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” (QS. Asy Syuraa: 27)

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “Allah memberi rizki pada mereka sesuai dengan pilihan-Nya dan Allah selalu melihat manakah yang maslahat untuk mereka. Allah tentu yang lebih mengetahui manakah yang terbaik untuk mereka. Allah-lah yang memberikan kekayaan bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya. Dan Allah-lah yang memberikan kefakiran bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 553)

Jangan khawatir tentang rizki, karena Allah telah mengatur dan membagikan rizki dengan secara adil sesuai dengan yang dikehendakinya dan kemaslahatan kita.

Contoh..

Ada dua orang yang punya uang sama untuk dijadikan modal awal anggap saja 10 juta. Si fulan, mengambil langkah dengan cara investor.

Dan si alan dengan cara berdagang.. Walau modal sama, belum tentu pendapatanya sama.

Bisa jadi si fulan, yang mendapatkan lebih banyak, tanpa harus dengan kerja keras, banting tulang. Di bandingkan dengan si alan yang mengambil langkah berdagang atau sebaliknya bisa jadi si alan yang lebih banyak.

Dalam hal ini bukan banyak /sedikitnya tapi, meraih supaya rizki tersebut barokah. Sehingga tidak melampaui batas, tidak membuat diri lalai akan hak-hak Allah.

Ibnul Qayyim berkata..

“Fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan apapun yang diperintahkan Allah kepadamu.. Jangan menyibukkannya dengan rizki yang sudah dijamin untukmu. Karena rizki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin, selama masih ada sisa ajal, rizki pasti datang”

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.