Beda silaturahim dan silaturahmi

 

Kata silaturahmi sering digunakan sebagai kata yang menggambarkan aktivitas hubungan antar sesama manusia. Aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas saling mempererat tali persaudaraan dan kekerabatan. Kata ini kian populer menjelang dan selama bulan Syawal, saat idul Fitri, meski kata ini juga sering digunakann dalam hal lainnya.

Sebenarnya bisa dibilang silaturahmi adalah sebuah salah kaprah, karena jika merujuk kepada asal katanya, bahasa Arab, maka kata yang benar adalah SILATURAHIM.

Memang jika ditinjau penyusun kata, kata silaturahmi dan silaturahim, merujuk pada bahasa Arab, mempunyai huruf penyusun yang sama. Yang membedakan adalah akhirannya yang otomatis akan mempengaruhi artinya.

Silah itu berarti menyambungkan. Sementara rahmi mempunyai arti rasa nyeri yang timbul (dan diderita sang ibu) pada saat melahirkan. Adapun rahim adalah kasih sayang (ingat: ALLAH SWT mempunyai sifat Ar Rahim, Yang Maha Penyayang). Dengan demikian, silaturahim = hubungan kasih sayang, sedangkan silaturahmi = penghubung uterus (tali pusar yang menghubungkan ibu dan anak). .

Nah sekarang udah tahu. Jadi harus bisa bedain yah

Kontribusi oleh @andihrmwti

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.