Ajari Anak-Anakmu Dzikir Kepada Allah

anak-berdzikir-1

Berkata Asy-Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaili Hafizhahullah,

Maka dari itu wahai saudaraku!

Sesuatu yang kita terlalaikan darinya adalah mentarbiyah (mendidik) anak-anak kita dari berdzikir kepada Allah, agar membiasakan anak-anak kita berdzikir kepada Allah.

Sepantasnya bagi kita untuk membiasakan mereka berdzikir kepada Allah dari semenjak kecil.

Dan telah aku sebutkan berulang kali kepada sebagian orang yang aku cintai, bahwa sepantasnya tidak ada seorang pun yang mendahului kita dalam mengajarkan anak laki-laki dan perempuan kita (membaca/menghafal) ‘surah Al-Fatihah’ dan dzikir-dzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Mengapa

Karena jika kita telah mengajarkan mereka surah Al- Fatihah, maka setiap kali mereka membaca surah Al- Fatihah, Allah akan menuliskan bagi kita pahala (mengajarkan) mereka.

Dan jika kita telah mengajarkan mereka dzikir kepada Allah, maka setiap kali mereka mengatakan “subhanallah” Allah menuliskan bagi kita pahala (karna telah mengajari) mereka, kelak ketika kita meninggal dan dikuburkan, namun pahala akan tetap mengalir di dunia disebabkan dzikir anak-anak kita.

Karena kitalah yang telah mengajari mereka untuk berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Dan sungguh menyedihkan, kebanyakan dari manusia pada hari ini mengajari anak-anak mereka sesuatu yang tidak bermanfaat dari perkara-perkara lucu atau dari perkara-perkara lelucon dan semisalnya.

Bahkan sungguh sebagian manusia gemar untuk mengajarkan anak-anak mereka dengan sesuatu yang tidak memberikan manfaat, bahkan malah merugikan mereka.

Dan para orang tua tidak bersungguh-sungguh dari menghafalkan untuk anak-anaknya Al-Fatihah, atau dzikir-dzikir yang akan bermanfaat untuk mereka dan (supaya) mereka terbiasa dengannya untuk berdzikir kepada Allah.

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.