7 Bahaya Minum Sambil Berdiri

Tanpa disadari.

minum sambil berdiri sering dilakukan oleh banyak orang termasuk kita juga. Terburu-buru bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Tahukah kamu? Ternyata minum sambil berdiri bukan hanya nggak dianjurkan oleh ajaran agama dan etika, tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang disebut sfringer, yakni kumpulan serabut otot berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk membuka dan menutrup jalur alamiah pada tubuh. Dikutip dari laman Well or Die, berikut bahaya yang mengancam jika kita masih saja melakukan kebiasaan minum sambil berdiri.

  1. Cipratan air yang masuk dinding perut secara mendadak akan merusak sistem pencernaan dan menyebabkan gangguan perut
  2. Minum sambil berdiri juga menyebabkan lambung jadi terganggu. Mulai dari kenaikan asam lambung hingga melukai dinding lambung.
  3. Proses penyaringan yang dilakukan ginjal menjadi nggak optimal dan berpotensi terjadinya gangguan saluran kandung kemih.
  4. Kita berisiko terkena artritis akibat terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan hingga bagian sendi.
  5. Nggak main-main, kebiasaan buruk ini juga berisiko bagi kesehatan jantung karena terganggunya saraf kelana.
  6. Karena saraf bekerja nggak semestinya, maka keseimbangan tubuh juga akan terganggu.
  7. Pantas saja kamu merasa masih haus meski sudah minum banyak, minumnya sambil berdiri sih~.

Ternyata bukan cuma banyaknya air putih saja yang perlu kita perhatikan, tapi juga bagaimana cara kita meminumnya, termasuk juga posisi tubuh saat minum. Posisi paling aman adalah saat kita sedang duduk karena organ pencernaan maupun saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk. Jadi, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk ini dan beralih ke kebiasaan baik, yuk. .

Sumber: ucnewsid

Pict from #muslim_moveon

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *