5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman

Inilah penjelasan mengenai rukun iman dan rukun islam yang benar dan mesti diketahui oleh semua umat muslim. Dengan mengetahui rukun iman dan rukun islam ini maka kita bisa menjadi Islam yang sempurna. Tentunya, diantara kita belum mengetahui seperti apa rukun iman dan rukun islam, dan adapun hanya sekedar mengetahui saja tanpa mengetahui seperti apa penjelasan rukun iman dan rukun islam tersebut

RUKUN ISLAM ADA 5 YAITU :

  1. Mengucap dua kalimah syahadah.

Syahadat ini mempunyai makna mengucapkan dengan lisan,membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan.Adapun orang yg mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya berikut tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya.

  1. Mendirikan solat.

Shalat merupakan ibadah yg paling agung kedudukannya dan Shalat mendapatkan perhatian dan prioritas utama dalam Islam. Keutamaan salat dan kedudukannya diantara sebagian ibadah yang lain telah dijelaskan dalam Islam.Ia merupakan sarana penghubung antara seorang hamba dengan Tuhannya.Ia juga merupakan gambaran ketaatan seorang hamba akan segala perintah Tuhannya.

  1. Menunaikan zakat

zakat merupakan kewajiban menyisihkan jenis harta tertentu utk disalurkan kepada sekelompok orang khusus pada waktu tertentu.

  1. Berpuasa di bulan Ramadhan.

Pengertian puasa merupakan ibadah kepada Allah dan menjalankan perintah-Nya.Seorang hamba meninggalkan syahwatnya,makan dan minumnya demi Allah.Hal itu di antara sarana terbesar menyentuh taqwa kepada Allah ta’ala.

  1. Menunaikan haji di Mekah bagi yang mampu.

Haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah ta’ala dengan ruh, badan dan harta.

RUKUN IMAN ADA 6 yaitu :

  1. Iman kepada Allah

Seseorang tidak dikatakan beriman kepada Allah hingga dia mengimani 4 hal : Mengimani adanya Allah.Mengimani rububiah Allah,bahwa tidak ada yg mencipta,menguasai,dan mengatur alam semesta kecuali Allah.Mengimani uluhiah Allah,bahwa tidak ada sembahan yg berhak disembah selain Allah dan mengingkari semua sembahan selain Allah Ta’ala. Mengimani semua nama dan sifat Allah (al-Asma’ul Husna) yg Allah telah tetapkan utk diri-Nya dan yang Nabi-Nya tetapkan untuk Allah,serta menjauhi sikap menghilangkan makna, memalingkan makna, mempertanyakan,dan menyerupakanNya.

  1. Iman kepada Malaikat-malaikat Allah

Mengimani adanya,setiap amalan dan tugas yang diberikan Allah kepada mereka. Selengkapnya di Berita Islami Indonesia.

  1. Iman kepada Kitab-kitab Allah

Mengimani bahwa seluruh kitab Allah adalah ucapan-Nya dan bukanlah ciptaanNya.karena kalam (ucapan) merupakan sifat Allah dan sifat Allah bukanlah makhluk.Muslim wajib mengimani bahwa Al-Qur`an merupakan penghapus hukum dari semua kitab suci yg turun sebelumnya.

  1. Iman kepada Rasul-rasul Allah

Mengimani bahwa ada di antara laki-laki dari kalangan manusia yang Allah Ta’ala pilih sebagai perantara antara diri-Nya dengan para makhluknya.Akan tetapi mereka semua tetaplah merupakan manusia biasa yang sama sekali tidak mempunyai sebagian sifat dan hak-hak ketuhanan,karenanya menyembah para nabi dan rasul adalah kebatilan yang nyata.Wajib mengimani bahwa semua wahyu kepada nabi dan rasul itu adalah benar dan bersumber dari Allah Ta’ala.Juga wajib mengakui setiap nabi dan rasul yang kita ketahui namanya dan yang tidak kita ketahui namanya.

  1. Iman kepada Hari Akhir

Mengimani semua yang terjadi di alam barzakh (di antara dunia dan akhirat) bersifat fitnah kubur (nikmat kubur atau siksa kubur).Mengimani tanda-tanda hari kiamat.Mengimani hari kebangkitan di padang mahsyar hingga berakhir di Surga atau Neraka.

  1. Iman kepada Qada dan Qadar,yaitu takdir yang baik dan buruk

Mengimani kejadian yg baik maupun yang tidak baik,semua itu berasal dari Allah Ta’ala. Karena seluruh makhluk tanpa terkecuali,zat dan sifat mereka begitupula perbuatan mereka adalah ciptaan Allah.

Sumber : http://informasiana.com/

Penerus Media Islam