10 Waktu Terbaik Untuk Berdo’a

Sesungguhnya ada waktu _ waktu terbaik untuk berdoa yang sering tidak kita ketahui . Padahal doa merupakan kebutuhan kita setiap hari guna memanjatkan segala apa yang kita inginkan dan harapkan . Dengan doa pula menjadi tanda bahwa kita mengaku Allah sebagai Maha Pengabul .

Rasulullah bersabda sesungguhnya Allah berfirman , “Wahai manusia , selagi engkau berdoa dan berharap kepada Ku , aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu “.( HR At Tirmidzi )

Jika memang kita sudah sekuat tenaga untuk berdoa namun belum juga terwujud , bisa jadi amalan yang kita lakukan masih jauh dari kata taat .

Akan tetapi untuk lebih cepat dikabulkan , Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memberikan pengajaran lewat Rasulullah tentang waktu _ waktu yang mustajab untuk berdoa .

“1_ Ketika Adzan Berkumandang ”

Rasulullah bersabda , “Ada dua yang tidak tertolak atau jarang tertolak ; Doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk “.( HR . Abu Daud , Baihaqi dan Hakim )

“2_ Waktu Diantara Adzan dan Iqamah ”

Sebuah hadits dari Anas bin Malik menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda , “Doa antara adzan dan iqamah tidak di tolak , maka berdoalah kamu “.( HR . Ahmad )

“3_ Sebelum Salam Ketika Sholat Wajib ”

Dalam sebuah riwayat terdapat seseorang yang bertanya kepada Rasulullah , “Wahai Rasulullah , kapan doa kita didengar oleh Allah ? Beliau bersabda : “Di akhir malam dan di akhir sholat wajib “. ( HR . Tirmidzi )

“4_ Disaat Berbuka Puasa ”

Rasulullah bersabda ,”Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak “.( HR . Ibnu Majah dan Hakim )

“5_ Ketika Melakukan Sujud ”

Sesungguhnya Rasulullah bersabda ,”Saat yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika ia sujud , maka perbanyaklah doa “.( HR . Muslim )

“6_ Saat Hari Jumat ”

“Rasulullah menyebutkan tentang hari jumat kemudian beliau bersabda ,”Di dalamnya terdapat waktu . Jika seorang muslim berdoa ketika itu , pasti diberikan apa yang ia minta . Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut “.( HR . Bukhari dan Muslim ).

“7_ Saat Hujan Turun ”

Sahl berkata , Rasulullah bersabda , “Dua doa yang tidak pernah ditolak , doa pada waktu adzan dan pada waktu kehujanan “.( HR . Hakim dan Baihaqi )

Imam Syafii pun berkata dalam kitab Al Umm , “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan : bertemunya dua pasukan , menjelang sholat dilaksanakan dan saat turun hujan “.

“8_ Saat Hari Arafah ”

Amr bin Syuaib berkata dari bapaknya , dari kakeknya , sesungguhnya Rasulullah bersabda , “Sebaik _ baik doa adalah pada hari Arafah “.( HR . Tirmidzi )

*9_ Di Malam Yang Sepertiga *”

Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda , “Tuhan kita yang yang Maha Berkah dan Maha Tinggi turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir dan berfirman , “Barangsiapa berdoa kepada Ku pasti Aku kabulkan , barang siapa meminta kepada Ku pasti Aku beri dan barangsiapa yang memohon ampunanKu pasti Aku ampuni “.( HR . Bukhari )

“10_ Ketika Meminum Zamzam ”

Keutamaan dari air Zamzam adalah dikabulnya segala doa saat meminumnya .

“Khasiat Air Zamzam itu .sesuai niat peminumnya “.( HR . Ibnu Majah )

 

Semoga apa yang menjadi harapan kita segera dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala …. Aamiin

 

Sumber :  @Line Teladan Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published.